1. Pada awalnya sejarah istilah multimedia berasal
dari..
A. Computer
B. Dunia animasi
C. Dunia teater
D. Dunia film
E. Video
2.
Secara etimologis kata multimedia berasal
dari kata multi dan media, kata media memounyai arti
A. Banyak
B. Bermacam-macam
C. Menggabungkan
D. Menyampaikan
E. sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau
membawa sesuatu
3. multimedia terdiri dari beberapa unsur
dibawah ini, kecuali..
A. teks
B. animasi
C. suara
D. hardware
E. video
4. multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu..
A. multimedia animasi dan multimedia kreatif
B. multimedia video dan multimedia entertainment
C. multimedia informasi dan multimedia
komunikasi
D. multimedia teks dan multimedia produksi
E. multimedia content production dan
multimedia communication
5. yang merupakan pengertian dari multimedia
content production adalah..
A. proses penggabungan beberapa
media, yang terdiri atas teks, grafis/image, animasi, video, music, visual
effect, dan sound effect, menjadi satu kesatuan dengan output produk multimedia
, dengan tujuan untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk
multimedia seperti music, film, aklan televise, video animasi dan
entertainment.
B. Aplikasi dari produk akhir multimedia yang
untuk mempublikasikannya ditampilkan melalui media massa, seperti televise,
radio, surat kabar, dan publicity, entertainment, news, dan education.
C. Pengembangan produk awal multimedia menjadi
produk lebih lanjut agar siap diluncurkan ke pasaran
D. Produk multimedia yang dikembangkan untuk
pembuatan iklan, pertunjukan seni komersil, hiburan, pembuatan film dengan efek
khusus, pembuatan film animasi dan pembuatan game multimedia
E. Teknik multimedia melalui perangkat lunak
(software) yang digunakan untuk membuat objek simulasi bentuk animasi 3 dimensi
membuat gambar protoripe, gambar teknik, atau gambar tampak
6. Di bawah ini pemanfaatan daari aplikasi
multimedia, kecuali..
A. Bidang teknik
B. Bidang transportasi
C. Bidang kesehatan
D. Industry kreatif
E. Promosi
7. Yang bukan merupakan pemanfaatan multimedia
dalam bidang industry kreatif adalah..
A. Pembuatan iklan
C. Pertujukan seni
C. Pembuatan game multimedia
D. Pembuatan modeling dan simulasi
E. Pembuatan film animasi
8. Multimedia mampu mengubah tempat kerja,
istilah tekhnologi yang relevan untuk itu adalah…..
A. Dengan adanya teleworking, para
pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor
B. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan
denganmenggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
C. banyak perusahaanmenggunakan sistem jual beli
online, bank menggunakan cara online-banking
D. Beberapa sistem yang mendukung lebih dari
satu macam media.
E. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia,
belajaronline, menggunakan e-book.
9. Dalam bidang pendidikan dan penelitian,
aplikasi multimedia dimanfaatkan pada bidang-bidang di bawah ini kecuali..
A. Modul presentasi berupa CD Inetraktif
B. Pembuatan ebook m ateri pembelajaran
C. Pembuatan modeling dan simulasi
D. Pembuatan jurnal multimedia
E. Pembuatan gambar tampak
10. Di bawah ini adalah beberapa elemen penting
dalam multimedia, kecuali
A. Perangkat computer yang mampu mengkooordinir
apa yang dilihat dan didengar
B. Tersedianya ling yang menghubungkan antara
user dan informasi
C. Tersedianya peralatan navigasi yang dapat
membantu kita
D. Tersedianya tempat untuk mengumpulkan,
memproses, dan mengomunikasikan informasi
E. Tersedianya jaringan komunikasi
yang solid di antara masyarakat
untuk soal
no 11, 12, 13, 14, 15
11. Jawaban yang benar untuk no 6 pada gambar diatas
adalah…
A. teks
B. processing
C. grafis
D. video
E. visual effect
12. Jawaban yang benar untuk no 7 pada gambar diatas
adalah…
A. teks
B. Sound effect
C. video
D. processing
E. visual effect
13. Jawaban yang benar untuk no 8 pada gambar diatas
adalah…
A. brainware
B. hardware
C. sorfware
D. processing
E. visual effect
14. Jawaban yang benar untuk no 9 pada gambar diatas
adalah…
A. Broadcasting
Publising
B. Multimedia Product
C. video
D. processing
E. visual effect
15. Jawaban yang benar untuk no 11 pada gambar diatas
adalah…
A. Broadcasting Publising
B. grafis
C. video
D. processing
E. visual effect
16. Pemanfaatan multimedia sebagai media pengajaran dengan
memproduksi modul-modul presentasi CD interaktif merupakan salah satu
pemanfaatan multimedia dalam bidang..
A. pendidikan dan penelitian ilmiah
B. bidang teknik
C. bidang kesehatan
D. bidang promosi
E. industry kreatif
17. Yang tidak termasuk dalam multimedia communication
adalah..
A. Televisi
B. Radio
C. Animasi
D. film
E. cetak
18. Yang termasuk dalam multimedia content production,
kecuali….
A. teks
B. audio
C. Animasi
D. grafis
E. cetak
19. Home banking adalah..
A. sebuah layanan pemirsa dan pembuat acara dapat berbicara dan bertatap
muka secara
langsung dalam siaran acara televise
tersebut
B. sebuah pemirsa dapat melakukan pemesana dan pembelian secara langsung
dalam program
acara tersebut.
C. sebuah program yang memungkinkan
para nasabah yang tidak dapat dating langsung ke kantor layanan bank dapat
melakukan transaksi keuangan.
D. program
komunikasi yang digunakan untuk layanan internet.
E. a, b, c, dan e salah
20. Karakteristik bentuk multimedia terdiri atas..
A. linier
dan melengkung
B. linier dan lurus
C. linier dan non linier
D. linier dan frame
E. non linier dan audience