A. Pilihan Ganda
1. Pada awalnya sejarah istilah multimedia berasal dari..
a. Computer
b. Dunia animasi
c. Dunia teater
d. Dunia film
e. Video
2. Secara etimologis kata multimedia berasal dari kata multi dan media, kata media memounyai arti
a. Banyak
b. Bermacam-macam
c. Menggabungkan
d. Menyampaikan
e. sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
3. multimedia terdiri dari beberapa unsur dibawah ini, kecuali..
a. teks
b. animasi
c. suara
d. hardware
e. video
4. multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu..
a. multimedia animasi dan multimedia kreatif
b. multimedia video dan multimedia entertainment
c. multimedia informasi dan multimedia komunikasi
d. multimedia teks dan multimedia produksi
e. multimedia content production dan multimedia communication
5. yang merupakan pengertian dari multimedia content production adalah..
a. proses penggabungan beberapa media, yang terdiri atas teks, grafis/image, animasi, video, music, visual effect, dan sound effect, menjadi satu kesatuan dengan output produk multimedia , dengan tujuan untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti music, film, aklan televise, video animasi dan entertainment.
b. Aplikasi dari produk akhir multimedia yang untuk mempublikasikannya ditampilkan melalui media massa, seperti televise, radio, surat kabar, dan publicity, entertainment, news, dan education.
c. Pengembangan produk awal multimedia menjadi produk lebih lanjut agar siap diluncurkan ke pasaran
d. Produk multimedia yang dikembangkan untuk pembuatan iklan, pertunjukan seni komersil, hiburan, pembuatan film dengan efek khusus, pembuatan film animasi dan pembuatan game multimedia
e. Teknik multimedia melalui perangkat lunak (software) yang digunakan untuk membuat objek simulasi bentuk animasi 3 dimensi membuat gambar protoripe, gambar teknik, atau gambar tampak
6. Di bawah ini pemanfaatan daari aplikasi multimedia, kecuali..
a. Bidang teknik
b. Bidang transportasi
c. Bidang kesehatan
d. Industry kreatif
e. Promosi
7. Yang bukan merupakan pemanfaatan multimedia dalam bidang industry kreatif adalah..
a. Pembuatan iklan
b. Pertujukan seni
c. Pembuatan game multimedia
d. Pembuatan modeling dan simulasi
e. Pembuatan film animasi
8. Multimedia mampu mengubah tempat kerja, istilah tekhnologi yang relevan untuk itu adalah…..
a. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor
b. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan denganmenggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
c. banyak perusahaanmenggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking
d. Beberapa sistem yang mendukung lebih dari satu macam media.
e. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajaronline, menggunakan e-book.
9. Dalam bidang pendidikan dan penelitian, aplikasi multimedia dimanfaatkan pada bidang-bidang di bawah ini kecuali..
a. Modul presentasi berupa CD Inetraktif
b. Pembuatan ebook m ateri pembelajaran
c. Pembuatan modeling dan simulasi
d. Pembuatan jurnal multimedia
e. Pembuatan gambar tampak
10. Di bawah ini adalah beberapa elemen penting dalam multimedia, kecuali
a. Perangkat computer yang mampu mengkooordinir apa yang dilihat dan didengar
b. Tersedianya ling yang menghubungkan antara user dan informasi
c. Tersedianya peralatan navigasi yang dapat membantu kita
d. Tersedianya tempat untuk mengumpulkan, memproses, dan mengomunikasikan informasi
e. Tersedianya jaringan komunikasi yang solid di antara masyarakat
B. Uraian
1. Apa pengertian multimedia berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia?
2. Sebutkan dan jelaskan secara singkat pembagian kategori multimedia!
3. Sebutkan dan jelaskan media-media yang digunakan dalam multimedia communication!
4. Sebutkan secara garis besar keunggulan dari multimedia!
5. Sebutkan dan Jelaskan usaha-usaha apa saja yang bisa anda lakukan untuk berperan serta dalam menumbuhkankembangkan bidang multimedia di tanah air Indonesia!