Pengertian Soho Menurut Para Ahli
Arti soho adalah :
Pengertian soho adalah
suatu hunian seperti apartemen atau rumah yang di dalamnya dilengkapi
berbagai macam fasilitas kantor. Para pemilik hunian tersebut mempunyai
izin legal untuk menggunakan rumah ataupun apartemennya sebagai unit
hunian maupun sebagai unit kantor. Pendek kata small office home office
adalah sebuah tempat yang berfungsi ganda yaitu sebagai tempat tinggal
dan kantor yang berguna untuk melakukan berbagai pekerjaan di dalam
rumah. Jenis profesi yang banyak mengunakan SOHO adalah arsitek,
penulis, desainer, koki, fotografer dsb. (Imelda Akmal : 2010)
Selama ini kita memandang bahwa bekerja
identik dilakukan di suatu tempat di luar rumah, pergi pagi dan pulang
sore atau malam hari. Seseorang belum dikatakan bekerja jika ia tidak
mempunyai tempat yang dituju untuk bekerja setiap pagi, contohnya
seperti pegawai negeri dan karyawan kantoran. Namun seiring perkembangan
teknologi serta meninjau dari sisi efektivitas dan efisiensi maka
banyak orang mulai beralih pada konsep SOHO yang merupakan singkatan
dari small office home office.
Secara singkat pengertian SOHO adalah
konsep bekerja dari rumah dimana kantor sebagai tempat bekerja menyatu
dengan rumah sebagai tempat tinggal. Dengan konsep ini diharapkan
efektivitas dan efisiensi dalam bekerja dapat ditingkatkan. Yang utama
sekali dari segi waktu. Dengan menerapkan konsep SOHO kita dapat
menghemat waktu yang diperlukan untuk pulang pergi dari kantor ke rumah,
apalagi pada zaman sekarang dimana kemacetan sudah sangat parah.
Kemudian dari segi biaya transportasi
juga dapat dihemat. Dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah
kedekatan dengan anggota keluarga. Dengan berkantor di rumah kita dapat
lebih fleksibel mengatur waktu untuk keluarga dan bekerja sehingga
kedekatan dengan keluarga tetap terjaga.
Konsep ini cenderung diaplikasikan oleh
orang yang berbisnis dalam bidang jasa seperti penulis, konsultan,
pengacara, internet marketer, desainer, programmer, dan lain sebagainya.
Mereka cenderung bekerja sendiri atau dengan jumlah pegawai yang
sedikit, kurang dari 10 orang. Meskipun dari segi ukuran kantornya kecil
dan jumlah pegawai sedikit, kantor ini harus tetap ditata dengan
profesional agar klien merasa yakin menggunakan jasa yang ditawarkan.
Konsep SOHO tidak hanya terbatas bagi
pelaku wirausaha saja. Para pekerja kantoran juga memiliki kesempatan
untuk menerapkan konsep ini karena pada zaman sekarang banyak perusahaan
yang sudah mulai memperbolehkan karyawannya untuk bekerja secara remote
atau jarak jauh. Tidak jarang para pegawainya berlokasi di negara yang
berbeda. Hal ini didukung pula oleh kemajuan teknologi internet seperti
email, video conference, remote desktop, dan lain-lain sehingga
memudahkan komunikasi masalah pekerjaan.
Penerapan konsep ini tentu bukan tanpa
hambatan. Mulai dari rasa malas, godaan untuk menunda-nunda pekerjaan,
hingga gangguan atau interupsi dari anggota keluarga. Agar konsep ini
berhasil diterapkan perlu disiplin diri yang kuat untuk menyelesaikan
pekerjaan. Selain itu juga diharapkan kerja sama dari seluruh anggota
keluarga agar jangan terlalu sering menginterupsi jika tidak ada
keperluan mendesak. Seperti sebentar minta tolong ini, tidak lama minta
tolong itu, sehingga pekerjaan tidak selesai-selesai dan konsentrasi
menjadi buyar.