20++ soal animasi 2d dengan jawaban pilihan ganda

Animasi 2D adalah jenis animasi dalam bentuk dua dimensi, artinya animator 2D membuat gambar dan karakter dalam format dua dimensi dan menghidupkannya dengan gerakan. Jenis animasi ini dianggap sebagai bentuk animasi tradisional dengan ciri karakter polos, tidak bervolume, dan hanya bergerak ke atas, bawah, kiri dan kanan.

Contoh animasi 2D ada di serial kartun yang kamu tonton semasa kecil seperti kartun Tom & Jerry, Scooby Doo, atau Spongebob Squarepants. Salah satu animasi 2D hasil karya anak bangsa yang terbaru adalah Si Juki The Movie yang terinspirasi dari komik populer asal Indonesia.


Hasil Akhir dari aniasi 2d yaitu Karakter dan objek dalam animasi 2D hanya terdiri dari panjang atau tinggi dan lebar, yaitu koordinat X (dimensi horizontal) dan Y (dimensi vertikal). Dengan begitu, gambar yang dihasilkan tidak terlalu nyata atau kurang realistis. Objek dan karakter biasanya digambar tanpa bayangan. Warnanya pun kurang bervariasi.

Pilihlah Jawaban Yang Paling Tepat!

1. Hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan….

a. Film

b. Movie

c. Animasi

d. Cinema

e. Diorama

 

2. Teknik pembuatan animasi dapat dilakukan dengan proses konvensional dan digital, berikut ini yang BUKAN merupakan kelebihan proses pembuatan animasi secara digital dibandingkan dengan secara konvensional….

a. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat

b. dapat dengan cepat diadakan perubahan pada gambar

c. antara perpindahan gerakan pada gambar yang satu dan selanjutnya dapat digenerate sehingga lebih sedikit membuat gambar

d. setiap detail kesalahan kadang-kadang harus diulang kembali dari awal

e. mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer

 

3. Dalam bahasa inggris berdasarkan arti harfiah, kata animasi (animate) artinya….

a. Memberi jiwa, menghidupkan serta menggerakan benda mati

b. Menyembah benda mati dan berhala

c. Makhluk hidup dalam golongan hewan

d. Sesuatu yang mengasyikan

e. Hasil kreativitas manusia

 

4. Berikut ini merupakan kaidah-kaidah dalam pembuatan film animasi, KECUALI….

a. Kaidah Penciptaan Gerak

b. Kaidah Pengaturan Waktu (timing)

c. Kaidah Sebab Akibat

d. Kaidah Gerakan Newton

e. Kaidah Relativitas Einstein

 

5. Kaidah pengaturan waktu – menurut ragam pergerakannya – di bedakan menjadi 5, yang BUKAN merupakan kaidah pengaturan waktu tersebut adalah….

a. Konstan

b. Akselerasi

c. Deselerasi

d. Zero

e. Irrelevan

 

6. Yang BUKAN merupakan peranan storyboard pada animasi adalah….

a. Storyboard dibuat untuk menjelaskan skenario secara lebih detail dari detik demi detik

b. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta suaranya

c. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta grafisnya

d. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta animasi dan video yang dibutuhkannya

e. Storyboard menjelaskan tentang susunan materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta biaya pembuatan dan nama-nama kru yang terlibat

 

7. Teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri, dan biasanya dibuat dari gabungan dari foto-foto, dengan mayoritas tokoh animasinya dibuat menggunakan lilin/tanah liat adalah animasi….

a. Animasi komputer

b. Animasi stop motion

c. Animasi komputer

d. Animasi 3 dimensi

e. Animasi model

 

8. Nama lain dari animasi stop motion adalah….

a. Clay motion

b. Kartun

c. Manga

d. Rare motion

e. Photo motion

 

9. Animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap adalah pengertian dari animasi ….

a. Animasi Tradisional

b. Animasi Komputer

c. Stop-motion animation

d. Wayang

e. Puppet

 

10. Tehnik animasi stop-motion pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik animasi stop-motion ini paling sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era….

a. Tahun 40-50 an

b. Tahun 50-60 an

c. Tahun 60-70 an

d. Tahun 70-80 an

e. Tahun 90an – sekarang

 

11. Berikut ini yang BUKAN merupakan jenis dari animasi stop motion adalah….

a. Tanah Liat (Clay)

b. Guntingan (Cutout)

c. Gambar (Graphic)

d. Aktor Hidup (Pixilation)

e. Mayat Hidup (Zombie)

 

12. Berikut ini yang merupakan contoh serial film yang dibuat dengan teknik Animasi stop motion adalah….

a. Spongebob Squarepants

b. Shaun The Sheep

c. Avatar The legend of Ang

d. Donald Duck

e. Transformer

 

13. Cara kerja stopmotion yaitu mengharuskan animator mengubah scene secara fisik, memfoto satu per satu frame, mengubah scene lagi dan memfoto satu frame lagi, dan seterusnya. Frame dalam animasi stop motion berarti….

a. Frame adalah satuan terkecil dalam video, dan digunakan untuk menandai atau menyimpan objek.

b. Frame adalah bingkai atau figura, sebagai pemanis tampilan dalam foto yang dipajang

c. Frame adalah kerangka dalam sebuah gambar

d. Frame adalah badan atau bagian utama yang menjadi fokus dalam gambar

e. Frame adalah susunan objek-objek yang menyatu dan menjadi gambar

 

14. Yang BUKAN merupakan kekurangan dari animasi stop motion adalah….

a. Proses pengerjaan yang relativ lama

b. Harus memiliki konsep yang matang

c. Harus memiliki ketelitian dan ketelatenan

d. Keterbatasan gerak objek

e. Dapat dibuat dengan hanya menggunakan still camera

 

15. Animasi tradisional juga sering disebut … karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.

a. animasi 3 dimensi

b. cel animation

c. Stop motion

d. Story board

e. Scene

 

16. Pada animasi tradisional, objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis untuk menghemat pembuatan gambar. Istilah untuk gambar latar belakang adalah….

a. Background

b. Backstage

c. Backsound

d. Backbone

e. Backpacker

 

17. Berikut ini yang BUKAN merupakan jenis-jenis animasi tradisional adalah….

a. Zoetrope

b. Thaumatrope

c. Phenakistoscope

d. Praxinoscope

e. Telescope

 

18. Storyboard (script) adalah….

a. Ide berupa gambar yang berupa sketsa dan tulisan suatu animasi

b. kumpulan gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak

c. frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi

d. mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru

e. perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya

 

19. Tahapan cara pembuatan animasi tradional yang benar adalah….

a. Pra produksi > produksi > pasca produksi

b. Pasca produksi > produksi > pra produksi

c. Pra produksi > pasca produksi > produksi

d. Produkasi > pra produksi > pasca produksi

e. Produksi > pasca produksi > pra produksi

 

20. Seni menghasilkan gambar bergerak dengan sendirinya, melalui penggunaan komputer disebut dengan….

a. Animasi komputer

b. Animasi stop motion

c. Animasi tradisional

d. Animasi digital

e. Animasi analog

 

21. Animasi yang secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta spesial efeknya dsb, semuanya di kerjakan dengan komputer. Adalah pengertian dari animasi ….

a. Animasi Tradisional

b. Animasi Komputer

c. Animasi Stop-Motion

d. Animasi Tween

e. Animasi Shape

 

22. Contoh aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi komputer adalah….

a. MS Word

b. Windows Media Player

c. Windows Movie Maker

d. Dream Weaver

e. Corel Photo Paint

 

23. Software yang digunakan untuk membuat animasi 2D adalah ….

a. CorelDraw

b. ACDC

c. Mozilla Firefox

d. Macromedia Flash

e. Adobe Photoshop

 

24. Animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang pada tahun 1980-an, para animator mulai menyadari bahwa manipulasi gambar tiap frame memakan memori komputer yang sangat besar. Oleh karena itu pada tahun 1990-an, George Lucas’s Indrustrial Light and Magic, Steve Job’s Pixar Animation, dan perusahaan setipe dengannya mulai menciptakan komputer yang canggih dengan program yang diperbaharui. Film animasi komputer 3D yang pertama kali populer di era ini adalah….

a. Mickey Mouse

b. Aladin

c. Toy Story

d. Cinderlella

e. Pocahontas

 

25. Berikut ini yang BUKAN merupakan prinsip kerja animasi komputer pada tahap Pra-produksi adalah….

a. Menyusun konsep

b. Menyusun skenario

c. Pembentukan karakter

d. Menyusun storyboard

e. Melakukan rendering

 

26. Yang merupakan prinsip kerja animasi komputer pada tahapan produksi adalah….

a. composite

b. key motion

c. editing

d. rendering

e. Storyboard

 

27. Shortcut key untuk test movie pada flash adalah….

a. Ctrl + Z

b. Ctrl + J

c. F8

d. F9

e. Ctrl+Enter

 

28. Dengan Frame rate = 12 fps, Untuk membuat animasi yang panjangnya 5 detik, maka jumlah frame yang dibutuhkan adalah ….

a. 65 frame

b. 15 famre

c. 1,4 frame

d. 120 frame

e. 60 frame

 

29. Yang BUKAN merupakan bidang kehidupan yang dipengaruhi oleh efek animasi komputer adalah….

a. Perfileman

b. Periklanan

c. Pembelajaran atau pendidikan

d. Game

e. Perikanan

 

30. Proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru disebut dengan….

a. Framing

b. Tweening

c. Rendering

d. Scripting

e. Coding

 

31. Subselection tool pada flash digunakan untuk….

a. Mengubah warna objek

b. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek

c. Mengubah jenis frame pada sebuahlayer

d. Mengubah warna stage

e. Membuka properties pada sebuah objek

 

32. Konsep dasar penciptaan animasi komputer secara metode manual berarti….

a. mengandalkan kemampuan animator secara penuh. Seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator.

b. menggunakan bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital.

c. menggunakan penghitungan secara fisika pada objek yang akan di animasikan, lalu disimulasikan secara realtime.

d. Menggunakan sekumpulan objek yang dapat dianimasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola, misalnya asap, daun berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.

e. Menggunakan kertas gambar yang dalam pembuatan sebelumnya diprogram menjadi frame di komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame.

 

33. Istilah frame kunci yang dapat berdiri sendiri, misalnya Pada Adobe Flash diumpamakan seperti kanvas yang berisi gambar dan digambarkan sebagai sebuah lingkaran yang dapat terisi dalam frame merupakan pengertian dari….

a. Tween

b. Pixel

c. Keyframe

d. Layer

e. Timeline

 

34. Tempat pengaturan timing atau waktu animasi dan penggabungan objek-objek dari masing-masing layer adalah pengertian dari istilah….

a. Pixel

b. Frame

c. Layer

d. Timeline

e. Scene

 

35. Bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam aplikasi pembuatan animasi Flash adalah….

a. PHP

b. Action Script

c. C

d. Pascal

e. basic

 

36. Free Transform tool pada flash digunakan untuk….

a. Mengubah bentuk obyek

b. Memberi warna

c. Membuat Garis

d. Membuat obyek berbentuk persegi

e. Memasukkan Text

 

37. Yang paling tepat untuk membuat animasi yang berubah bentuk, menggunakan….

a. Motion tween

b. Motion path

c. Motion guide

d. Motion shape

e. Motion graphic

 

38. Shortcut F8 pada flash digunakan untuk.…

a. Play

b. Insert frame

c. Insert key frame

d. Convert to symbol

e. Paste

 

39. Frame-frame yang berfungsi untuk mengontrol objek yang dibuat dalam stage atau layer yang akan dibuat animasinya disebut….

a. Timeline

b. Stage

c. Panel

d. Property

e. Work Area / Lembar Kerja

 

40. Untuk menggerakkan objek sesuai jalur yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis yang memandu digunakan….

a. Motion shape

b. Motion guide

c. Break apart

d. Motion tween

e. Keyframe

 

41. Properties, Filter dan parameter, Action, library, color & align info & Transform di kelompokan ke dalam golongan….

a. Stage

b. Frame

c. Layer

d. Timeline

e. Panel

 

42. Menggambar garis dengan bantuan titik-titik bantu seperti dalam pembuatan garis, kurva, atau gambar adalah fungsi dari icon….

a. Pen Tool

b. Lasso Tool

c. Free Transform tool

d. Sub Selection tool

e. Selection tool

 

43. Cara menambah frame pada flash adalah ….

a. Insert > Frame

b. Delete > Frame

c. Insert > Timeline Effects > Frame

d. Insert > Timeline > Frame

e. Insert > Frame > Frame

 

44. Yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi pada layer dalam flash adalah….

a. Stage

b. Panel

c. Frame

d. Tools

e. Timeline

 

45. Tool untuk mengatur tampilan lembar kerja pada flash adalah ….

a. Color

b. Options

c. Menu

d. View

e. Selection

 

46. Untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat,merupakan fungsi dari….

a. Library

b. Stage

c. Menubar

d. Document Properties

e. Toolbar

 

47. Kita dapat memasukkan sebuah gambar ke dalam stage dengan menggunakan perintah….

a. File – Import – Import to Stage

b. File – Import – Ctrl + R

c. File – Import – Import Video

d. File – Import – Ctrl + R

e. File – Import – Import to library

 

48. Area tempat kita bekerja dan membuat objek atau animasi disebut….

a. Options

b. Timeline

c. Panel

d. Stage

e. Property

 

49. Cara untuk menyimpan hasil animasi pada flash dalam bentuk video adalah ….

a. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.JPG

b. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.FLA

c. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.PNG

d. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.AVI

e. File -> Export -> Movie -> (pilih) *.PSD

 

50. Untuk menyimpan dan mengubah file grafik flash ke format grafik lain adalah menggunakan menu….

a. Export

b. Import

c. Save as

d. Save in

e. Save default


 

.: Selamat Menikmati :.

 

sumber: https://yogapermanawijaya.wordpress.com/2014/11/30/soal-latihan-dan-prediksi-uas-ganjil-teknik-animasi-2-dimensi/