Animasi 2D adalah jenis animasi dalam bentuk dua dimensi, artinya animator 2D membuat gambar dan karakter dalam format dua dimensi dan menghidupkannya dengan gerakan. Jenis animasi ini dianggap sebagai bentuk animasi tradisional dengan ciri karakter polos, tidak bervolume, dan hanya bergerak ke atas, bawah, kiri dan kanan.
Pilihlah Jawaban Yang Paling Tepat!
1. Hasil dari pengolahan gambar tangan
sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan….
a. Film
b. Movie
c. Animasi
d. Cinema
e. Diorama
2. Teknik pembuatan animasi dapat
dilakukan dengan proses konvensional dan digital, berikut ini yang BUKAN
merupakan kelebihan proses pembuatan animasi secara digital dibandingkan dengan
secara konvensional….
a. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan
cepat
b. dapat dengan cepat diadakan perubahan
pada gambar
c. antara perpindahan gerakan pada gambar
yang satu dan selanjutnya dapat digenerate sehingga lebih sedikit membuat
gambar
d. setiap detail kesalahan kadang-kadang
harus diulang kembali dari awal
e. mulai dari perancangan model hingga
pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal
komputer
3. Dalam bahasa inggris berdasarkan arti
harfiah, kata animasi (animate) artinya….
a. Memberi jiwa, menghidupkan serta
menggerakan benda mati
b. Menyembah benda mati dan berhala
c. Makhluk hidup dalam golongan hewan
d. Sesuatu yang mengasyikan
e. Hasil kreativitas manusia
4. Berikut ini merupakan kaidah-kaidah
dalam pembuatan film animasi, KECUALI….
a. Kaidah Penciptaan Gerak
b. Kaidah Pengaturan Waktu (timing)
c. Kaidah Sebab Akibat
d. Kaidah Gerakan Newton
e. Kaidah Relativitas Einstein
5. Kaidah pengaturan waktu – menurut ragam
pergerakannya – di bedakan menjadi 5, yang BUKAN merupakan kaidah pengaturan
waktu tersebut adalah….
a. Konstan
b. Akselerasi
c. Deselerasi
d. Zero
e. Irrelevan
6. Yang BUKAN merupakan peranan storyboard
pada animasi adalah….
a. Storyboard dibuat untuk menjelaskan
skenario secara lebih detail dari detik demi detik
b. Storyboard menjelaskan tentang susunan
materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta suaranya
c. Storyboard menjelaskan tentang susunan
materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta grafisnya
d. Storyboard menjelaskan tentang susunan
materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta animasi dan video yang
dibutuhkannya
e. Storyboard menjelaskan tentang susunan
materi yang disampaikan pada detik demi detik beserta biaya pembuatan dan
nama-nama kru yang terlibat
7. Teknik animasi untuk membuat objek yang
dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri, dan biasanya dibuat
dari gabungan dari foto-foto, dengan mayoritas tokoh animasinya dibuat
menggunakan lilin/tanah liat adalah animasi….
a. Animasi komputer
b. Animasi stop motion
c. Animasi komputer
d. Animasi 3 dimensi
e. Animasi model
8. Nama lain dari animasi stop motion
adalah….
a. Clay motion
b. Kartun
c. Manga
d. Rare motion
e. Photo motion
9. Animasi yang dihasilkan dari
penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan
setahap demi setahap adalah pengertian dari animasi ….
a. Animasi Tradisional
b. Animasi Komputer
c. Stop-motion animation
d. Wayang
e. Puppet
10. Tehnik animasi stop-motion pertama
kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar
ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan
still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya.
Tehnik animasi stop-motion ini paling sering digunakan dalam visual effect
untuk film-film di era….
a. Tahun 40-50 an
b. Tahun 50-60 an
c. Tahun 60-70 an
d. Tahun 70-80 an
e. Tahun 90an – sekarang
11. Berikut ini yang BUKAN merupakan jenis
dari animasi stop motion adalah….
a. Tanah Liat (Clay)
b. Guntingan (Cutout)
c. Gambar (Graphic)
d. Aktor Hidup (Pixilation)
e. Mayat Hidup (Zombie)
12. Berikut ini yang merupakan contoh
serial film yang dibuat dengan teknik Animasi stop motion adalah….
a. Spongebob Squarepants
b. Shaun The Sheep
c. Avatar The legend of Ang
d. Donald Duck
e. Transformer
13. Cara kerja stopmotion yaitu
mengharuskan animator mengubah scene secara fisik, memfoto satu per satu frame,
mengubah scene lagi dan memfoto satu frame lagi, dan seterusnya. Frame dalam
animasi stop motion berarti….
a. Frame adalah satuan terkecil dalam
video, dan digunakan untuk menandai atau menyimpan objek.
b. Frame adalah bingkai atau figura,
sebagai pemanis tampilan dalam foto yang dipajang
c. Frame adalah kerangka dalam sebuah
gambar
d. Frame adalah badan atau bagian utama
yang menjadi fokus dalam gambar
e. Frame adalah susunan objek-objek yang
menyatu dan menjadi gambar
14. Yang BUKAN merupakan kekurangan dari
animasi stop motion adalah….
a. Proses pengerjaan yang relativ lama
b. Harus memiliki konsep yang matang
c. Harus memiliki ketelitian dan
ketelatenan
d. Keterbatasan gerak objek
e. Dapat dibuat dengan hanya menggunakan
still camera
15. Animasi tradisional juga sering
disebut … karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang
sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.
a. animasi 3 dimensi
b. cel animation
c. Stop motion
d. Story board
e. Scene
16. Pada animasi tradisional, objek utama
yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang
statis untuk menghemat pembuatan gambar. Istilah untuk gambar latar belakang
adalah….
a. Background
b. Backstage
c. Backsound
d. Backbone
e. Backpacker
17. Berikut ini yang BUKAN merupakan
jenis-jenis animasi tradisional adalah….
a. Zoetrope
b. Thaumatrope
c. Phenakistoscope
d. Praxinoscope
e. Telescope
18. Storyboard (script) adalah….
a. Ide berupa gambar yang berupa sketsa
dan tulisan suatu animasi
b. kumpulan gambar yang dimainkan secara
berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat bergerak
c. frame dimana Anda menentukan perubahan
pada tombol atau animasi
d. mempersiapkan frame kosong untuk diisi
objek baru
e. perubahan bentuk dari suatu objek
menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya
19. Tahapan cara pembuatan animasi
tradional yang benar adalah….
a. Pra produksi > produksi > pasca
produksi
b. Pasca produksi > produksi > pra
produksi
c. Pra produksi > pasca produksi >
produksi
d. Produkasi > pra produksi > pasca
produksi
e. Produksi > pasca produksi > pra
produksi
20. Seni menghasilkan gambar bergerak
dengan sendirinya, melalui penggunaan komputer disebut dengan….
a. Animasi komputer
b. Animasi stop motion
c. Animasi tradisional
d. Animasi digital
e. Animasi analog
21. Animasi yang secara keseluruhan
dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur
gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta spesial efeknya dsb,
semuanya di kerjakan dengan komputer. Adalah pengertian dari animasi ….
a. Animasi Tradisional
b. Animasi Komputer
c. Animasi Stop-Motion
d. Animasi Tween
e. Animasi Shape
22. Contoh aplikasi yang digunakan untuk
membuat animasi komputer adalah….
a. MS Word
b. Windows Media Player
c. Windows Movie Maker
d. Dream Weaver
e. Corel Photo Paint
23. Software yang digunakan untuk membuat
animasi 2D adalah ….
a. CorelDraw
b. ACDC
c. Mozilla Firefox
d. Macromedia Flash
e. Adobe Photoshop
24. Animasi komputer mulai ada setelah
teknologi komputer berkembang pada tahun 1980-an, para animator mulai menyadari
bahwa manipulasi gambar tiap frame memakan memori komputer yang sangat besar.
Oleh karena itu pada tahun 1990-an, George Lucas’s Indrustrial Light and Magic,
Steve Job’s Pixar Animation, dan perusahaan setipe dengannya mulai menciptakan
komputer yang canggih dengan program yang diperbaharui. Film animasi komputer
3D yang pertama kali populer di era ini adalah….
a. Mickey Mouse
b. Aladin
c. Toy Story
d. Cinderlella
e. Pocahontas
25. Berikut ini yang BUKAN merupakan
prinsip kerja animasi komputer pada tahap Pra-produksi adalah….
a. Menyusun konsep
b. Menyusun skenario
c. Pembentukan karakter
d. Menyusun storyboard
e. Melakukan rendering
26. Yang merupakan prinsip kerja animasi
komputer pada tahapan produksi adalah….
a. composite
b. key motion
c. editing
d. rendering
e. Storyboard
27. Shortcut key untuk test movie pada
flash adalah….
a. Ctrl + Z
b. Ctrl + J
c. F8
d. F9
e. Ctrl+Enter
28. Dengan Frame rate = 12 fps, Untuk
membuat animasi yang panjangnya 5 detik, maka jumlah frame yang dibutuhkan
adalah ….
a. 65 frame
b. 15 famre
c. 1,4 frame
d. 120 frame
e. 60 frame
29. Yang BUKAN merupakan bidang kehidupan
yang dipengaruhi oleh efek animasi komputer adalah….
a. Perfileman
b. Periklanan
c. Pembelajaran atau pendidikan
d. Game
e. Perikanan
30. Proses membuat sebuah animasi
pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek
dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame
baru disebut dengan….
a. Framing
b. Tweening
c. Rendering
d. Scripting
e. Coding
31. Subselection tool pada flash digunakan
untuk….
a. Mengubah warna objek
b. Mengubah bentuk melalui titik-titik
pada pinggiran objek
c. Mengubah jenis frame pada sebuahlayer
d. Mengubah warna stage
e. Membuka properties pada sebuah objek
32. Konsep dasar penciptaan animasi
komputer secara metode manual berarti….
a. mengandalkan kemampuan animator secara
penuh. Seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator.
b. menggunakan bantuan gerak karakter
aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat motion capture, kemudian di
aplikasikan ke objek digital.
c. menggunakan penghitungan secara fisika
pada objek yang akan di animasikan, lalu disimulasikan secara realtime.
d. Menggunakan sekumpulan objek yang dapat
dianimasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola, misalnya asap, daun
berguguran, api, hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya.
e. Menggunakan kertas gambar yang dalam
pembuatan sebelumnya diprogram menjadi frame di komputer, jadi yang semula
kumpulan gambar menjadi kumpulan frame.
33. Istilah frame kunci yang dapat berdiri
sendiri, misalnya Pada Adobe Flash diumpamakan seperti kanvas yang berisi
gambar dan digambarkan sebagai sebuah lingkaran yang dapat terisi dalam frame
merupakan pengertian dari….
a. Tween
b. Pixel
c. Keyframe
d. Layer
e. Timeline
34. Tempat pengaturan timing atau waktu
animasi dan penggabungan objek-objek dari masing-masing layer adalah pengertian
dari istilah….
a. Pixel
b. Frame
c. Layer
d. Timeline
e. Scene
35. Bahasa pemrograman yang biasa
digunakan dalam aplikasi pembuatan animasi Flash adalah….
a. PHP
b. Action Script
c. C
d. Pascal
e. basic
36. Free Transform tool pada flash
digunakan untuk….
a. Mengubah bentuk obyek
b. Memberi warna
c. Membuat Garis
d. Membuat obyek berbentuk persegi
e. Memasukkan Text
37. Yang paling tepat untuk membuat
animasi yang berubah bentuk, menggunakan….
a. Motion tween
b. Motion path
c. Motion guide
d. Motion shape
e. Motion graphic
38. Shortcut F8 pada flash digunakan
untuk.…
a. Play
b. Insert frame
c. Insert key frame
d. Convert to symbol
e. Paste
39. Frame-frame yang berfungsi untuk
mengontrol objek yang dibuat dalam stage atau layer yang akan dibuat animasinya
disebut….
a. Timeline
b. Stage
c. Panel
d. Property
e. Work Area / Lembar Kerja
40. Untuk menggerakkan objek sesuai jalur
yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis yang memandu digunakan….
a. Motion shape
b. Motion guide
c. Break apart
d. Motion tween
e. Keyframe
41. Properties, Filter dan parameter,
Action, library, color & align info & Transform di kelompokan ke dalam
golongan….
a. Stage
b. Frame
c. Layer
d. Timeline
e. Panel
42. Menggambar garis dengan bantuan
titik-titik bantu seperti dalam pembuatan garis, kurva, atau gambar adalah
fungsi dari icon….
a. Pen Tool
b. Lasso Tool
c. Free Transform tool
d. Sub Selection tool
e. Selection tool
43. Cara menambah frame pada flash adalah
….
a. Insert > Frame
b. Delete > Frame
c. Insert > Timeline Effects > Frame
d. Insert > Timeline > Frame
e. Insert > Frame > Frame
44. Yang digunakan untuk mengatur
kecepatan animasi pada layer dalam flash adalah….
a. Stage
b. Panel
c. Frame
d. Tools
e. Timeline
45. Tool untuk mengatur tampilan lembar
kerja pada flash adalah ….
a. Color
b. Options
c. Menu
d. View
e. Selection
46. Untuk melakukan pengaturan ukuran
layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan
dibuat,merupakan fungsi dari….
a. Library
b. Stage
c. Menubar
d. Document Properties
e. Toolbar
47. Kita dapat memasukkan sebuah gambar ke
dalam stage dengan menggunakan perintah….
a. File – Import – Import to Stage
b. File – Import – Ctrl + R
c. File – Import – Import Video
d. File – Import – Ctrl + R
e. File – Import – Import to library
48. Area tempat kita bekerja dan membuat
objek atau animasi disebut….
a. Options
b. Timeline
c. Panel
d. Stage
e. Property
49. Cara untuk menyimpan hasil animasi
pada flash dalam bentuk video adalah ….
a. File -> Export -> Movie ->
(pilih) *.JPG
b. File -> Export -> Movie ->
(pilih) *.FLA
c. File -> Export -> Movie ->
(pilih) *.PNG
d. File -> Export -> Movie ->
(pilih) *.AVI
e. File -> Export -> Movie ->
(pilih) *.PSD
50. Untuk menyimpan dan mengubah file
grafik flash ke format grafik lain adalah menggunakan menu….
a. Export
b. Import
c. Save as
d. Save in
e. Save default
.: Selamat Menikmati :.
sumber:
https://yogapermanawijaya.wordpress.com/2014/11/30/soal-latihan-dan-prediksi-uas-ganjil-teknik-animasi-2-dimensi/