20++ Soal Penilaian Akhir Semester Animasi 2D dan 3D

Animasi 2D adalah jenis animasi dalam bentuk dua dimensi, artinya animator 2D membuat gambar dan karakter dalam format dua dimensi dan menghidupkannya dengan gerakan. Jenis animasi ini dianggap sebagai bentuk animasi tradisional dengan ciri karakter polos, tidak bervolume, dan hanya bergerak ke atas, bawah, kiri dan kanan.


Contoh animasi 2D ada di serial kartun yang kamu tonton semasa kecil seperti kartun Tom & Jerry, Scooby Doo, atau Spongebob Squarepants. Salah satu animasi 2D hasil karya anak bangsa yang terbaru adalah Si Juki The Movie yang terinspirasi dari komik populer asal Indonesia.

Hasil Akhir dari aniasi 2d yaitu Karakter dan objek dalam animasi 2D hanya terdiri dari panjang atau tinggi dan lebar, yaitu koordinat X (dimensi horizontal) dan Y (dimensi vertikal). Dengan begitu, gambar yang dihasilkan tidak terlalu nyata atau kurang realistis. Objek dan karakter biasanya digambar tanpa bayangan. Warnanya pun kurang bervariasi.

Kerjakan soal berikut ini!!!

1. Bagian terluar dari suatu objek disebut...

A. Fill

B. Stroke

C. Cap

D. Line

E. Hairline

 

2. Format file standar dari Adobe Flash adalah...

A. PSD

B. SWF

C. FLA

D. CDR

E. EXE

 

3. Prinsip yang akan membuat gerakan pada animasi menjadi lebih alami, khususnya untuk gerakan manusia atau hewan disebut prinsip ...

A. Timing

B. Solid Drawing

C. Squash and Stretch

D. Arcs

E. Staging

 

4. Prinsip animasi dimana lingkaran dibuat untuk mendukung suasana yang ingin dicapai dalam keseluruhan scene disebut prinsip ...

A. Squash and Stretch

B. Staging

C. Anticipation

D. Arsch

E. Slow in and Slow Out

 

5. Jenis animasi yang banyak ditemukan pada video komersial seperti iklan, videotutorial dan lain sebagainya disebut jenis animasi...

A. Stop Motion

B. Motion Graphics

C. Animasi 3D

D. Animasi 2d

E. Jawaban Semua Benar

 

6. Penggunaan bidang multimedia salah satunya adalah animasi. Animasi merupakan sekumpulan gambaran yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu rangkaian gerakan. Salah satu pemanfaatan animasi di kehidupan sehari-hari adalah animasi 2D iklan imbuan masyarakat. Animasi 2D digunakan untuk Pemnbuatan iklan karena.

A. Animasi 2D memiliki elemen-elemen yang cocok untuk dijadikan sebagai iklan

B. Animasi 2D terdiri dari gambar vector sehingga memiliki kualitas yang baik

C. Animasi 2D merupakan alternative menyampaikan informasi kepada masyarakat agar lebih menarik

D. Animasi 2D memiliki rangkaian gerak yang nyata sehingga baik untuk digunakan sebagai iklan

E. Animasi 2D dapat menggunakan efek transisi dan efek visual yang identic dengan iklan

 

7. Salah satu siswa SMK Bina Indonesia diminta untuk membuat animasi bus yang melintas jalan di area pengunungan dengan lintasan berkelok-kelok. Tugas tersebut harus diselesaikan selama satu hari. Jenis teknik pembuatan animasi 2D yang tepat dipilih oleh siswa tersebut adalah teknik...

A. Teknik animasi path, karena animasi cell hanya dapat digunakan jika memiliki latar belakang yang tidak terlalu rumit

B. Teknik animasi cell, karena animasi path memiliki proses yang cukup rumit dan memakan waktu yang lebih lama

C. Teknik animasi Cell, Karena animasi cell lebih efektif dalam pembuatan animasi yang rumit

D. Teknik animasi path, karena memilik tingkat kedetaialan animasi yang lebih tinggi

E. Teknik animasi path, karena akan lebih sulit jika menggunakan animasi cell dimana gambar harus dibuat satu per Satu

 

8. Berikut ini bukan ciri-ciri dari anmasi 2 dimensi atau dwimatra, yaitu ...

A. Hanya memiliki Panjang Lebar

B. Hanya memiliki kordinat X-axiz dan Y-axiz

C. Memiliki permukaan yang rata

D. Hanya dapat digunakan untuk pembuatan film kartu

E. Memiliki bucu atau sudut kecuali bentuk bulatan

 

9. Saat pertama kali membuka jendela adobe flash, ukuran area kerja memiliki luas yang tidak terlalu besar. Hal ini sering mengganggu keleluasaan saat membuat objek animasi. Hal yang dapat dilakukan adalah..

A. Membuat new file dengan menekan CTRL+N pada keyboard dan mengatur Size stage pada proses tersebut

B. Mengubah size stage dengan klik Free Transform Tool dan klik tahan lalu geser pada stage hingga menampilkan luas stage yang diinginkan.

C. Mengubah size stage melalui document Propertis sesuai kebutuhan

D. Klik sudut-sudut area stage (area putih) dan tarik hingga luas area stage yang di inginkan

E. Mengatur size stage pada page preference

 

10. Pada saat membuat Objek, kita sering kali lupa untuk mengubah fill color pada objekter sebut sehingga kita harus mengulanginya lagi dari awal. Untuk menghindari hal tersebut adalah dengan cara....

A. Mengubah warna menggunakan spray brush tool

B. Menggambarkan objek pada kode shape (drawing object dalam mode tidak aktif) dengan sehingga untuk dapat menggantikan warna berlangsung menggunakan fill color

C. Memastikan kita telah memilih warna yang diinginkan sebelum menggambar

D. Melakukan group objek sehingga kita dapat langsung menggantikan warna menggunakan fill color

E. Mengubah warna menggunakan Paint Bucket Tool atau menekan K pada keyboard

 

11. Pembuatan karekter yang menyerupai bentuk hewan adalah karakter..

A. Karakter Manusia

B. Karakter Tumbuhan

C. Karenter Benda Mati

D. Karekter Hewan

E. Karakter lainnya

 

12. Karakter yang seolah-olah hidup karena memiliki karakteristik manusia adalah karakter...

A. Karakter Manusia

B. Karakter Tummbuhan

C. Karenter Benda Mati

D. Karekter Hewan

E. Karakter lainnya

 

13. Karakter yang digunakan manusia sebagai

de karakternya disebut karakter..

A. Karakter Manusia

B. Karakter tumbuhan

C. Karenter Benda Mati

D. Karekter Hewan

E. Karakter lainnya

 

14. Pembuatan karakter yang menyerupai tumbuhan disebut karakter ...

A. Karakter Manusia

B. Karakter Tumbuhan

C. Karenter Benda Mati

D. Karekter Hewan

E. Karakter lainnya

 

15. Tool yang digunakan untuk pewarnaan fill

objek pada adobe Flash adalah ...

A. Color Mixer

B. Color Swatches

C. Brush

D. Ink bottle tools

E. Paint bucket tool

 

16. Tool yang digunakan untuk membentuk objek gambar simentris adalah..

A. pant

B. Eraser

C. Oval & rectangle

D. Ink Bottle

E. Text

 

17. Tool yang digunakan untuk menghapus suatu gambar adalah ...

A. pant

B. Eraser

C. Oval & rectangle

D. Ink Bottle

E. Text

 

18. Dibawah ini yang bukan termasuk kedalam tahap pembuatan karakter animasi 2D adalah...

A. Pengembangan Karakter

B. Manbuat Animasi Gerak

C. Menentukan lde Karakter

D. Melengkapi Desain Karakter

E. Medesain Karakter Bebas

 

19. Bentuk pelukisan gambaran tentang objek yang ditampilkan dalam suatu cerita yang berkaitan dengan penampilan dan kesan secara visual dan berfungsi sebagai pembawa aan penyampal pesan kepada penonton adalah..

A. Objek

B. Warna

C. Sifat Karakter

D. Ide Karakter

E. Karakter

 

20. Berikut yang tidak termasuk di dalam siklus gerak jalan manusia adalah..

A. Slink

B. Recoll

C. Contact

D. Passing

E. High point

 

21. Aplikasi yang digunakan untuk membuat animasi adalah dibawah ini, kecuali..

A. Photoshop

B. Flash Player

C. Blender

D. Ms. Word

E. Animaker

 

22. Aplikasi yang digunakan untuk mendaisain (media cetak )adalah ...

A. potoshop

B. Ms. Excel

C. icecream PDF

D. Chrome

E. facebook

 

23. Tool Bar yang digunakan untuk memotong pada gambar di adobe photoshop adalah ...

A. Move tool

B. Magic wand tool

C. Crop tool

D. Pant tool

E. Gradient tool

 

24. Free Transform tool digunakan untuk

A. Memasukkan Text

B. Membuat obyek berbentuk persegi

C. Mengubah bentuk obyek

D. Memberi warna

E. Membuat Giaris

 

25. Berikut ini yang merupakan contohserial film yang dibuat dengan teknik Animasi stop motion adalah ....

A. Spongebob Squarepants

B. Avatar The legend of Ang

C. Shaun The Sheep

D. Donald Duck

E. Transformer

 

ESAY.

1. Jelaskan pengertian animası?

2. Sebutkan jenis-jenis animasi?

3. Sebutkan contoh film animasi 2D?

4. Untuk melihat hasil animasi pada program Macromedia Flash dengan menggunakan kombinasi tombol?

5. Sebutkan Format Gambar minimal 5 format gambar?