Sejak tahun 1990-an, terdapat dua perkembangan signifikan yang menyebabkan munculnya jenis baru sistem PBX. Salah satu perkembangan tersebut adalah besarnya pertumbuhan jaringan data dan meningkatnya pemahaman publik mengenai packet switching. Perusahaan tidak hanya membutuhkan packet switched pada jaringan untuk data saja, perkembangannya perusahaan juga membutuhkan ketersediaan internet sebagai sistem pengiriman global pada satu sistem telepon. PBX kemudian muncul dan melahirkan VolP PBX yang menjadikan komunikasi semakin menarik. Secara teknis, PBX dan VoiP PBX bukanlah sistem berbeda. VolIP PBX merupakan sistem layanan khusus dalam jaringan telepon.
Berdasarkan uraian di atas, tentunya kamu sudah sedikit mengenal tentang PBX bukan?Untuk memperdalam pemahamanmu mengenai server softswitch PBX, pelajari bab berikut dengan sungguh-sungguh!
Berikut ini adalah soal uji kompetensi dari materi Bagan dan konsep kerja server softswitch PBX.
1. Suatu perangkat keras elektronik
telekomunikasi yang berfungsi sebagai pembagi atau pengatur antara bagian
internal (extention to extention) dengan eksternal (out going dan incoming)
adalah ...
A. softswitch
B. ACD
C. PBX
D. IVR
E. Switch
2. Di bawah ini merupakan fungsi dari
sistem PBX yaitu ...
A. mengubah sinyal suara analog pengguna
menjadi sinyal digital
B. menjaga keamanan jaringan
C. membatasi jaringan lokal dan jaringan
luar
D. mematikan koneksi atau hubungan
jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
E. mendistribusikan beban trafik pada dua
atau lebih jalur koneksi secara seimbang
3. Sistem PBX host dan vitual adalah
sistem telepon PBX VolP bisnis yang mentransmisikan panggilan melalui internet
sebagai data dan merupakan versi dari hosted PBX adalah ...
A. virtual PBX
B. PBX setup
C. centrex
D. sirkuit PBX
E. VolP PBX
4. Di bawah ini yang bukan merupakan
sistem yang digunakan oleh PBX adalah ...
A.PBX
B. IP Centrex
C. hosted PBX
D. billing system
E. IP PBX
5. Perangkat pendukung PBX yang berfungsi
sebagai teknologi yang memungkinkan komputer untuk berinteraksi dengan manusia
melalui penggunaan suara dan DTMF nada input melalui keypad adalah ...
A. ACD
B. Computer Telepohony Integration
C. UMS
D. billing system
E. IVR
6. Perhatikan pernyataan berikut
(1) Layanan otomatis panggilan
(2) layanan otomatis nada tunggu
(3) Panggilan pick up
(4) Layanan load balancing
(5) circuit roaming
Di atas yang merupakan kemampuan yang
dimiliki oleh sistem PBX adalah ....
A. (2) dan (4)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
7. Salah satu perangkat pendukung PBX
adalah UMS, kepanjangan dari UMS adalah ...
A. Untitled Manage System
B. Undefined Messaging Storage
C. Unified Main System
D. Unified Messaging System
E. Under Mind System
8. Kabel UTP dengan karakteristik memiliki
kecepatan transmisi data hingga 4 Mbps dan telah mendukung data dan suara
digital adalah kabel kategiri ...
A. CAT 3
B. CAT 1
C. CAT 5e
D. CAT 6a
E. CAT 2