Konsep atau
pengertian alur tujuan pembelajaran (ATP) dan Bagaimana menyusun Alur Tujuan
Pembejaran (ATP) serta contohnya pada kurikulum sekolah penggerak. Sebagaimana diketahui
dalam kurikulum sekolah penggerak, Capaian pembelajaran ditetapkan oleh
pemerintah dan disusun dalam fase-fase. Secara umum, ada 2 langkah besar dalam
mengembangkan capaian pembelajaran atau penyusunan perangkat ajar suatu mata
pelajaran, yakni penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran dan pengembangan Modul Ajar.
Elemen
: Proses Bisnis Di Bidang Teknik Jaringan komputer dan Telekomunikasi |
|||
Capaian Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami proses bisnis pada bidang teknik komputer dan telekomunikasi, meliputi perencanaan, analisis kebutuhan pelanggan, strategi implementasi (instalasi dan konfigurasi), dan perancangan prosedur kepuasan pelanggan termasuk di dalamnya penerapan budaya mutu. |
|||
Materi
: Perencanaan Jaringan Komputer |
Modul |
JP |
|
1 |
Peserta didik mampu mampu melakukan perancangan pengalamatan jaringan |
1 |
2 |
2 |
Peserta didik mampu menentukan spesifikasi perangkat
jaringan |
1 |
2 |
3 |
Peserta didik mampu merancang
topologi jaringan |
1 |
2 |
4 |
Peserta didik mampu merancang
pengalamatan jaringan |
1 |
2 |
Materi
: Analisis Kebutuhan Pelanggan |
|
|
|
5 |
Peserta didik mampu mengumpulkan kebutuhan teknis pengguna yang menggunakan jaringan |
1 |
2 |
6 |
Peserta didik mampu mengumpulkan data peralatan jaringan dengan teknologi yang sesuai |
1 |
2 |
Materi
: Strategi Implementasi |
|
|
|
7 |
Peserta didik mampu menyiapkan kabel
jaringan |
1 |
2 |
8 |
Peserta didik mampu memasang kabel jaringan |
1 |
2 |
9 |
Peserta didik mampu memasang perangkat jaringan ke dalam sistem jaringan |
1 |
2 |
10 |
Peserta didik mampu mengkonfigurasi routing pada perangkat jaringan dalam satu autonomous system |
1 |
2 |
11 |
Memonitor Keamanan dan Pengaturan Akun Pengguna dalam Jaringan Komputer |
1 |
2 |
Materi
: Perancangan Prosedur Kepuasan Pelanggan |
|
|
|
12 |
Peserta didik mampu mengukur kepuasan pelanggan dari data survey kepuasan pelanggan. |
1 |
2 |
TOTAL
JP |
24
JP |